Icons + FAQ Layout

  1. Rekomendasi segala proses pelaksanaan kontruksi kepada Owner.
  2. Menyediakan Team Pengawas dan Team Pelaksana dengan rincian sebagai berikut :
    1. Team Pengawas yang terdiri dari:
      • Project Manager. Bertugas sebagai pimpinan project mengkoordinasikan semua pekerjaan kepada semua team, serta mengelola arus keuangan agar sesuai progress yang diharapkan Owner (Pihak Pertama).
      • Pengawas Insite Bertugas di lapangan selama proyek berlangsung. Membuat daftar belanja, mengawasi pekerjaan tukang, mendokumentasikan progress kontruksi dan mewakili perusahaan dalam mendata kebutuhan owner di lapangan.
      • Konsultan Pengawas. Bertugas mengawasi kinerja team pelaksana, merencanakan dan mengkoordinasikan segala perubahan yang terjadi di lapangan kepada team pelaksana.
      • Pengawas Logistik dan Keuangan. Bertugas mencatat arus kas, keluar masuk, pemesanan barang dan membuat laporan progress, logistik dan keuangan secara mingguan, dan bulanan.
    2. Team pelaksana terdiri dari team yang bekerja langsung terhadap fisik bangunan, antaralain :
      • MandorSebagai koordinator tukang di lapangan.
      • TukangSebagai pelaksana kontruksi langsung.
      • Kenek, Bekerja sebagai asisten tukang.
  3. Membelanjakan dana Owner untuk keperluan kontruksi.
  4. Membuat laporan mingguan dan bulanan yang memuat beberapa data antaralain sebagai berikut :
    1. Laporan photo pelaksanaan harian.
    2. Laporan pelaksanaan pekerjaan mingguan dan bulanan :
      • Laporan Kurva S (target keseluruhan project).
      • Laporan persentase progress kontruksi.
      • Laporan perubahan konstruksi.
      • Laporan kendala pembangunan. (alam, manusia, dll)
      • Laporan jumlah tenaga kerja yang bekerja.
      • Laporan kebutuhan dan penggunaan bahan.
    3. Laporan Logistik dan Keuangan mingguan dan bulanan.
      • Laporan pengeluaran oleh kontraktor.
      • Laporan pengeluaran oleh klien.
  5. Menyerahkan laporan dalam format sebagai berikut :
    • Laporan Harian berupa photo progress via .Jpg WA Group.
    • Laporan Mingguan softcopy PDF via WA.
    • Laporan bulanan berupa hardcopy F4 + Jilid + sampul.
  6. Memberikan garansi pemeliharaan selama 3 bulan setelah bangunan selesai dikerjakan.

Tahap 1 Perencanaan

  1. Owner wajib memiliki perencanaan dan RAB sesuai standard terlebih dahulu sebelum mulai membangun.
  2. Bila belum, owner dapat membuat perencanaan terlebih dahulu, bisa bersama subacon atau dengan yang lain..
  3. Bila perencanaan belum sesuai maka owner perlu memperbaiki perencanaannya terlebih dahulu.

Tahap 2 IMB, Pengawas & Logistik

  1. Setelah perencanaan. Selanjutnya Subacon akan mengirimkan Estimasi Biaya dan Surat Perjanjian kerja.
  2. Apabila kontrak telah disetujui, owner dapat melakukan pembayaran termin 1 dan Subacon akan mengurus perizinan IMB sambil mempersiapkan Team Pengawas dan Team Pelaksana, kemudian subacon juga akan mulai membelanjakan item persiapan.
  3. Setelah Team Pengawas dan Team Pelaksana dibentuk. Owner diundang masuk kedalam Group Whatsapp untuk dapat menerima photo progress harian. Segala aspirasi terkait desain, pemilihan material dan diskusi prihal pengawasan dapat disampaikan di sini.

Tahap 3 Pembangunan Jasa Kontraktor bangun Rumah Cost and Fee

  1. Setelah IMB selesai dibuat, proses pembangunan dapat dimulai.
  2. Owner akan memperoleh laporan photo progress secara harian dan laporan keuangan & logistik secara mingguan dan bulanan.
  3. Apabila point point termin pekerjaan telah selesai atau apabila saldo Owner hampir habis. Team Subacon akan mengirimkan Tagihan pembayaran termin berikut dengan deadline pembayarannya. Begitu seterusnya hingga termin terakhir selesai.
  4. Setelah pekerjaan selesai. Owner akan memperoleh garansi pekerjaan selama 3 bulan.

Waktu pengerjaan subacon relatif dinamis tergantung beberapa factor, antaralain:

  • Jumlah dan Keahlian tukang.
  • Keamanan lahan.
  • Kondisi Kesehatan.
  • Kondisi lahan atau Cuaca.
  • Luas bangunan.
  • Konsep bangunan.
  • Penyesuaian / perubahan desain.
  • Ketersediaan stock material.
  • Jarak dari toko material.

Subacon wajib melaksanakan project sesuai waktu yang disepakati atau lebih cepat. Apabila waktu pelaksanaan proyek diprediksi berbeda dengan yang dilaksanakan, Subacon dapat merekomendasikan solusi pelaksanaan kontruksi untuk menjaga kestabilan waktu pengerjaan proyek.

Apabila subacon masih terlambat tanpa alasan yang dapat diterima, maka subacon akan akan memberikan dana kompensasi sesuai kesepakatan pada SPK.

  1. Owner dapat menghubungi langsung subacon agar kami dapat mengkoordinasikan perubahan anda kepada team.
  2. Perubahan waktu dan perubahan biaya akibat perubahan desain di masa kontruksi sepenuhnya menjadi tanggung jawab owner.
  3. Bila penyesuaian desain diperlukan di lapangan, kontraktor akan melapor kepada owner terlebih dahulu.

Laporan pengawasan dan laporan logistic akan diserahkan dalam 3 tempo :

    • Laporan Harian softcopy digital via WA.
    • Laporan Mingguan berupa hardcopy + Jilid.
    • Laporan bulanan berupa hardcopy + Jilid + sampul.
  1. Sistem pembayaran dibagi menjadi 3 termin :
    1. 34% ± hingga : Persiapan, urug, pondasi, struktur, plumbing, urugan, Bata dan cor
    2. 33% ± hingga : kusen, plester, rangka atap, listplank, Jalur listrik, plur lantai, genteng,
    3. 33% ± hingga : acian, plafon, elektrikal, Detail dan ukiran, acian, pengecatan, sanitair, dan perapihan lahan.
  2. Fee kontraktor adalah 15% terhitung dari total belanja kontruksi keseluruhan.
jika ada pertanyaan lain yang ingin diajukan, anda bisa klik tombol di bawah ini untuk konsultasi gratis dengan senior architect kami.